RANCANGAN BAHAN AJAR "POTENSI DIRI"


Lampiran 1
4.2 Potensi Diri untuk Berprestasi Sesuai Kemampuan
Tiap –tiap individu yang memiliki potensi pada diri masing-masing dan berusaha untuk memberdayakan potensi tersebut sehingga potensi tersebut bukan hanya bermanfaat bagi pribadi,namun juga bagi masyarakat luas. Untuk itu perlu dilakukan berbagai upaya untuk dapat diraih apa yang menjadi harapan dan cita- cita tiap – tiap pribadi.
A.     Pengertian potensi diri
Dari segi peristilahan, kata potensi berasal dari bahasa Inggris to patent yang berarti keras, kuat. Dalam pemahaman lain, kata potensi mengandung arti kekuatan, kemampuan, daya,baik yang belum maupun yang sudah terwujud, tetapi belum optimal. Sementara dalam Kamus Umum Bahasa Indonesia, yang dimaksud potensi adalah kemampuan dan kualitas yang dimiliki oleh seseorang, namun belum dipergunakan secara maksimal.
Berbagai pengertian di atas, memberi pemahaman kepada kita bahwa potensi merupakan suatu daya yang dimiliki oleh manusia, tetapi daya tersebut belum dimanfaatkan secara optimal. Oleh karena itu, yang menjadi tugas berikutnya bagi manusia yang berpotensi adalah bagaimana mendayagunakan potensi tersebut untuk meraih prestasi. Potensi dapat menjadi perilaku apabila dikembangkan melalui proses pembelajaran. Orang tidak dapat mewujudkan potensi diri dalam perilaku apabila potensi yang dimiliki itu tidak dikembangkan melalui pembelajaran. Potensi yang dimiliki oleh manusia dapat berkembang ke arah yang baik atau tidak baik. Jika seseorang hidup di lingkungan yang tidak baik, potensinya juga akan berkembang ke arah yang tidak baik sehingga perilakunya tidak baik. Untuk mencegah perilaku yang tidak baik, manusia memerlukan usaha yang sadar dan sistematis untuk menangkalnya. Usaha tersebut diperoleh melalui pendidikan secara formal maupun nonformal, di samping pendidikan pergaulan yang baik. Proses pendidikan untuk mengembangkan potensi ke arah yang baik itu dilakukan melalui hubungan dengan orang lain atau interaksi sosial.
Secara umum, potensi dapat diklasifikasikan sebagai berikut.
  • Kemampuan dasar, seperti tingkat intelegensi, kemampuan abstraksi, logika dan daya tangkap.
  • Etos kerja, seperti ketekunan, ketelitian, efisiensi kerja dan daya tahan terhadap tekanan.
  • Kepribadian, yaitu pola menyeluruh semua kemampuan, perbuatan, serta kebiasaan seseorang, baik jasmaniah, rohaniah, emosional maupun sosial yang ditata dalam cara khas di bawah aneka pengaruh luar.
B.     Cara Mengetahui Potensi Diri
Setiap orang tentu memiliki potensi dirinya masing-masing, tetapi kebanyakan diantaranya sangat sulit menentukan apa sebenarnya potensi diri yang mereka miliki. Ketidaktahuan akan potensi diri yang dimiliki, akan menjadi salah satu penghalang untuk mengembangkan potensi diri itu sendiri
Maka dengan demikian bisa dipetik sebuah kesimpulan awal bahwasannya cara mengembangkan potensi diri sendiri harus dilakukan dengan mengetahui potensi diri yang dimiliki terlebih dahulu. Dalam hal ini perlu berbagai metode yang dilakukan agar potensi diri yang dimiliki tersebut dapat dikembangkan dan kemudian akan berdampak positif bagi kemajuan diri dan juga kepada orang lain. Adapun metode-metode yang bisa dilakukan untuk mengetahui potensi diri sendiri diantaranya adalah
1. Bidang apa saja yang kita senangi.
Sesuatu yang penuh gairah dan semangat kita lakukan. Tanpa harus diminta atau disuruh. Anda akan melakukannya secara sukarela tanpa dibayar, bahkan anda mau mengeluarkan uang untuk apa yang anda lakukan. Inilah yang disebut dengan hobi. Seseorang yang punya hobi tertentu akan melakukannya dengan sepenuh hati. Misalnya orang yang hobi memelihara tanaman, dia rajin menyiram dan merawat tanaman setiap hari. Dia rela mengeluarkan uang berapapun untuk membeli tanaman, pupuk, alat-alat dan semacamnya. Hobi bisa membawa kebahagiaan dan juga penghasilan. If we do what we love, then money will follow.
2. Bertanya kepada orang terdekat.
Orang yang paling tahu diri anda adalah orang terdekat. Bisa orang tua, kakak-adik, saudara, keluarga, atau teman. Merekalah yang tahu tentang diri anda dari kecil sampai dewasa. Jadi mereka tahu apa potensi diri anda. Terkadang kita tidak menyadari potensi yang kita miliki, perlu orang lain untuk membantu menyadarkan.
3. Mencoba hal-hal baru.
Begitu banyak yang bisa kita lakukan di dunia ini. Wawasan, pergaulan dan keberanian yang terbataslah yang menghambat kita untuk melakukannya. Kita bisa mencoba hal-hal baru yang belum pernah kita lakukan. Tentu saja yang kita lakukan tidak boleh melanggar hukum. Dengan mencoba banyak hal, mungkin kita akan menemukan potensi diri yang selama ini tersembunyi.
4. Banyak membaca, melihat dan merasakan.
Dengan begitu akan banyak informasi dan pengetahuan yang bertambah. Bacaan dan tontonan yang kita sukai itu bisa jadi adalah sebuah potensi. Jika anda suka membaca perkembangan dunia komputer, internet dan semacamnya. Anda bisa menjadi ahlinya, asalkan terus konsisten untuk menambah pengetahuan.
Potensi diri itu harus digali, sama seperti minyak bumi. Tidak ada minyak yang berada di atas tanah. Kita harus mencari lokasi yang tepat untuk menggali minyak. Kedalamannya pun tidak selalu sama. Ada yang cepat ditemukan, ada juga yang perlu menggali lama karena minyaknya ada jauh di kedalaman.
Tidak ada manusia yang lahir ke dunia langsung menjadi ahli di bidang tertentu. Semua harus diraih dengan proses. Jika anda sudah tahu potensi diri anda, itulah modal kesuksesan. Jika anda bisa mengembangkan potensi anda menjadi prestasi, kesuksesan sudah menanti.
C.     Menguraikan hubungan antara potensi diri dengan prestasi diri
Salah satu aturan main dalam permainan hidup (the game of life) adalah diberlakukannya hukum kompetisi/persaingan. Kenyataan menunjukkan semua orang memiliki keinginan umum yang sama: ingin kaya, ingin dihormati atau ingin berprestasi di bidang tertentu. Akan tetapi tidak semuanya dapat mencapai apa yang diinginkannya. Mengapa demikian ?
Hal ini karena masing-masing individu memiliki potensi diri yang berbeda dengan lainnya. Pengertian potensi diri adalah kemampuan yang dimiliki setiap pribadi (individu) yang mempunyai kemungkinan untuk dikembangkan dalam berprestasi. Potensi diri adalah kemampuan yang terpendam pada diri setiap orang, setiap orang memilikinya (Siahaan,Parlindungan,2005:4).
Secara umum potensi diri yang ada pada setiap manusia dapat dibedakan menjadi 5 macam yaitu :
      1. Potensi Fisik ( Psychomotoric )
Merupakan potensi fisik manusia yang dapat diberdayakan sesuai fungsinya untuk berbagai kepentingan dalam rangka pemenuhan kebutuhan hidup. Misalnya mata untuk melihat, kaki untuk berjalan, telinga untuk mendengar dan lain-lain.
       2. Potensi Mental  Intelektual ( Intellectual Quotient )
Merupakan potensi kecerdasan yang ada pada otak manusia ( terutama otak sebelah kiri ). Fungsi potensi tersebut adalah untuk merencanakan sesuatu, menghitung dan menganalisis.
       3.  Potensi Sosial Emosional ( Emotional Quotient )
Merupakan potensi kecerdasan yang ada pada otak manusia ( terutama otak sebelah kanan ). Fungsinya antara lain untuk mengendalikan amarah, bertanggungjawab, motivasi dan kesadaran diri.
        4. Potensi Mental Spiritual ( Spiritual Quotient )
Merupakan potensi kecerdasan yang bertumpu pada bagian dalam diri manusia yang berhubungan dengan jiwa sadar atau kearifan di luar ego. Secara umum Spiritual Quotient merupakan kecerdasan yang berhubungan dengan keimanan dan akhlak mulia.
       5.  Potensi Daya Juang ( Adversity Quotient )
Merupakan potensi kecerdasan manusia yang bertumpu pada bagian dalam diri manusia yang berhubungan dengan keuletan, ketangguhan dan daya juang tinggi. Melalui potensi ini, seseorang mampu mengubah rintangan dan tantangan menjadi peluang.
D.     Mengembangkan potensi diri
Setelah mengenal potensi, kemudian mereka berlatih lebih giat dan meraih prestasi yang gemilang. Hal yang sama mungkin juga terjadi pada para siswa yang berprestasi. Mereka pada awalnya menggemari bidang tertentu disekolah. Karena harus mengesah kemampuan dalam bidang tersebut, maka akhirnya mereka mampu berprestasi dan bahkan membawa harum nama negara ditingkat internasional.
Maanfaat mengembangkan potensi diri adalah untuk mengembangkan nature dan nurture. Nature adalah kepribadian manusia yang terbentuk dari bawaan atau lahir atau bakat. Sedangkan nurture adalah kepribadian manusia yang terbentuk karena pengaruh lingkungan. Dengan demikian pengembangan potensi diri berarti berusaha mengembangkan kepribadian diri yang berasal dari dalam atau bakat dan dikembangkan setelah berinteraksi dengan lingkungan dimana seseorang berada.
Berikut adalah potensi yang perlu dikembangkan :
a.       Idealisme dan daya kritis
Wajarlah manusia selalu melihat kekurangan- kekurangan dalam tatanan kehidupan bermasyarakat dan bernegara, maka perlu kemampuan untuk memberi gagasan yang baru dengan memanfaatkan daya kritis berupa evaluasi terhadap sesuatu yang dilandasi rasa tanggung jawab
b.      Dinamika
Dinamika disini diartikan sebagai semangat dan tenaga.
c.       Kreativitas
Kemampuan untuk mencipta dalam rangka menemukan yang baru
d.      Keberanian mengambil resiko
Potensi yang sangat berhubungan dengan kekayaan pengetahuanya, pengalaman dan pelatih- pelatihanya.
e.       Optimis dan gairah semangat
Berpikir positif dan gairah semangat sangat diperlukan supaya tidak mudah putus asa.
f.        Kemandirian
Kemampuan untuk mengendalikan dirinya untuk mengurangi ketergantungan pada orang lain yang perlu dilengkapi dengan kesadaran, disiplin diri, perlu tenggang rasa.
g.       Komitmen terhadap tugas
Kemampuan untuk melaksanakan tugas sesuai dengan janji yang telah dibuatnya baik dengan dirinya sendiri maupun masyarakat.
h.       Sikap kesatria dan sportifitas
Kemampuan untuk menjadi pembela kebenaran dan keadilan yang disertai dengan pengabdian kepada bangsa dan negara
i.         Fisik yang kuat
Badan yang sehat akan terdapat jiwa yang sehat pula. Ini akan terkandung dalam potensi- potensi pendukung secara fisik.
j.        Penguasaan iptek
Sangat penting untuk dapat menguasai pemanfaatan dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

2 komentar:

MILIKKU YANG PERTAMA mengatakan...

Mbak, dapat bahan ini dari buku apa? soalnya saya pake untuk bahan refrensi. terimakasih

quinsabb mengatakan...

Harrah's Cherokee Casino and Hotel - Mapyro
Find 영천 출장안마 your way around the casino, find where everything is located 영주 출장샵 with live action, traffic, traffic, 충청남도 출장마사지 and reviews. Rating: 4.5 · ‎16 서귀포 출장샵 reviews 영주 출장안마

Posting Komentar